27 November 2010

Praktik. Praktek!

Minggu (14/11) saya ikut serta dalam program outing class salah satu lembaga pendidikan di Tangerang. Outing class, sesuai arti "terjun bebasnya" berarti di luar kelas, maksudnya belajar di luar kelas. Karena lembaga pendidikan ini mengkhususkan diri dalam keterampilan berbahasa Inggris, maka outing class digunakan untuk mengasah keterampilan berbahasa aktif dan menambah pengalaman dalam berbicara langsung dengan native speaker.

Keikutsertaan saya di acara ini adalah memandu sebuah kelompok yang terdiri dari 14 siswa/i tingkat SD. Mereka super duper aktif! Lari-larian, teriak-teriak manggil-manggil turis, dan minta jajan. hedeuh -___-.

oke, saya gak akan menceritakan tingkah anak-anak terlalu jauh, karena memang seperti itulah ciri khas anak-anak.

Sesuai instruksi sang manajer, para pembimbing harus mengajak kelompoknya untuk hunting turis luar alias bule (bukan Bulek bojone Paklek ;p) dan berbicara dengan mereka.

Sebelumnya para siswa telah dibekali dengan sebuah buku kecil yang berisi pertanyaan sederhana, seperti "What's your name?", "How are you?", and "What is your favorite colour?".

Oiya, outing class kali ini mengambil tempat di Kota Tua Jakarta, tepatnya di Museum Fatahillah. Kebetulan di hari Minggu banyak wisatawan domestik dan mancanegara.

Setelah sekian lama berkeliling museum, akhirnya kami bertemu dengan sepasang bule yang kira-kira berumur 50 tahun. Percakapan dimulai dengan basa-basi khas Indonesia. Dan sebagai pembimbing, saya didaulat untuk membuka percakapan dengan mereka. Jujur saya gagap dengan bahasa Inggris saya.

Sempat bingung harus ngomong apa, yang ada di benak saya hanya "Assalammu'alaikum". Hahai, padahal kan belum tentu mereka Muslim. Akhirnya dibantu oleh Abang saya, dibukalah percakapan itu.

Turis yang saya temui berasal dari Itali dan dia ngakunya kurang bisa berbahasa Inggris. Tapi waktu dia ngomong, lumayan bagus bahasanya, cuma memang gak terlalu kayak Cinca LAura gitcyu deyh :p.

Dan kembali karena kegagapan saya dalam hal 'speaking', ketika mereka bicara saya hanya manggut-manggut dan malah spontan terucap kata "inggih" waktu si Bule bertanya.

Oh sungguh terlalu..

Saya merasa malu karena saya tidak berbicara empat mata. Di belakang saya ada sekitaran 20 orang siswa yang antusias mendengarkan pembicaraan saya dan si Bule.

Okelah saya menyadari bahwa saya memang harus terus belajar dan terus berpraktik.

percuma belajar bahasa Inggris dari TK sampai perguruan tinggi, percuma skor TOEFL tinggi, kalau tidak pernah dipraktikkan.

Jadi terngiang-ngiang pesan Bu Us,"KAlau gak sekarang Anda mempraktikkan apa yang Anda pelajari, lalu kapan lagi?"

Keingetan juga pesannya Bu Zulfa,"HArus memaksa diri supaya bisa berbahasa asing. Anda harus keluar dari zona nyaman!"

So, mari kita sama-sama mempraktikkan bahasa yang kita pelajari. Karena kebetulan kita kuliah di Jurusan Sastra Asia Barat, mari ber-cas cis cus dengan bahasa Arab. Supaya nanti gak gagap kalau ditanya malaikat! :p

@Senja Utama mengejar Kuliah Terjemah..

21.05

1 komentar:

  1. injih....mas bule....

    haha, pengalaman yang unik, orisinil dan cukup menggelikan...

    cap cus :)

    BalasHapus